Senin, 10 Mei 2010

Teknologi SLI dari Nvidia

SLI, singkatan dari Scalable Link Interface, adalah proses multi-GPU aplikasi komputer paralel untuk kartu grafis yang dikembangkan oleh Nvidia. Cukup, itu memungkinkan dua atau lebih kartu grafis video untuk terhubung bersama-sama untuk satu output. Teknologi ini sebelumnya digunakan oleh 3dfx Interaktif dengan kartu video Voodoo2 sebagai Scan Line interleave di akhir 1990-an. Kemudian, ketika Nvidia dibeli 3dfx Interaktif, SLI tidak digunakan. Namun, mulai tahun 2004, SLI dinamai sebagai Scalable Link Interface dan direncanakan secara luas digunakan dengan komputer dengan PCI Express (PCIe) sistem bus. Hal ini sangat mirip dengan teknologi perusahaan saingannya, ATI CrossFire.

Dibalik Teknologi SLI
Teknologi SLI memungkinkan unit pengolahan dua atau lebih grafis (GPU) untuk bersama bekerja pada permintaan untuk render 3D. Biasanya adalah lebih baik untuk menggunakan jenis kartu grafis sama video pada (biasanya dua) PCI-Express x16 slot beberapa set dengan konfigurasi master-budak. Ketika sebuah permintaan untuk render 3D diantrikan, kartu master akan melakukan setengah dari pekerjaan dan kartu budak akan melakukan setengah dari pekerjaan. Ketika pekerjaan render 3D dilakukan, budak akan mengirimkan produk jadi melalui Jembatan SLI ke kartu master, yang kemudian akan menyelesaikan gambar dengan menempatkan dua bagian bersama-sama dan kemudian menampilkannya pada layar monitor.

Dengan low-end untuk layak kartu grafis mid-range (misalnya,) 7100GS SLI sebuah jembatan tidak diperlukan, karena driver Nvidia ForceWare bisa mengatasinya. Namun, hal ini karena kartu grafis ujung bawah tidak digunakan sebagai banyak bandwidth, sehingga memungkinkan motherboard untuk dapat mengatasinya sendiri. Sebaliknya, dengan kartu grafis akhir yang lebih tinggi, jembatan SLI adalah suatu keharusan, karena dapat mengurangi kendala bandwidth dan juga dapat langsung mengirimkan informasi antara dua kartu grafis. Jika jembatan SLI tidak digunakan dengan kartu akhir yang lebih tinggi, kemampuan mereka sepenuhnya tidak dapat digunakan selama pemrosesan.

Jenis Rendering
SLI memiliki beberapa cara untuk membuat bersama dengan metode anti-aliasing. Hal ini sangat penting karena inilah yang menentukan seberapa beban pekerjaan dibagi antara kartu grafis.
* Alternate Frame Rendering (AFR): Ini adalah konfigurasi rendering di mana masing-masing GPU akan membuat kerangka keseluruhan. Pada dasarnya, satu akan menyebabkan frame aneh sementara yang lain akan menyebabkan frames walaupun. Jadi, ketika budak dilakukan dengan pekerjaan, ia akan mengirimkannya melalui jembatan SLI ke master, yang akan menyelesaikan pekerjaan dan menampilkannya. Hal ini biasanya memakan separuh waktu rendering, memungkinkan kinerja yang akan sampai dengan dua kali biasanya adalah.
* Split Frame Rendering (SFR): ini konfigurasi rendering pertama akan memeriksa permintaan tersebut dan mencoba untuk membagi pekerjaan menjadi dua bagian untuk kedua GPU untuk bekerja bersama. Hal ini dilakukan dengan memisahkan bingkai horizontal.
* SLI Antialiasing: Ini adalah pemisahan langsung dari beban kerja (dengan antialiasing) antara dua kartu grafis, sekaligus menawarkan kualitas gambar yang lebih baik. Berbeda dengan setengah-setengah berharap, satu kartu grafis akan bekerja pada area sedikit offset (seperti bawah dan kanan) sedangkan yang lain akan bekerja dengan area offset lainnya. Hal ini memungkinkan gambar yang lebih jelas untuk ditampilkan di tempat untuk performa yang lebih baik. Biasanya konfigurasi ini memungkinkan antialiasing pilihan seperti SLI 8X, SLI SLI 16X dan 32X.

Teknologi SLI Saat Ini
Pada awal hari (setelah Nvidia 3dfx dibeli Interaktif), ada yang terbatas dukungan untuk SLI oleh motherboard. Jadi, biasanya, kartu eksternal (yang datang dengan motherboard) yang akan sesuai antara dua slot x16 PCI-Express yang diperlukan. Kartu ini, tergantung pada bagaimana itu diselipkan dalam, akan menunjukkan kepada motherboard yang slot kartu grafis utama harus disalurkan ke dalam semua 16 jalur PCI-Express x16 slot atau dibagi sama (bijaksana jalur) antara dua slot, karena keterbatasan f motherboard pada waktu itu. Sekarang, kebanyakan motherboard dukungan dari SLI kanan kotak, memungkinkan kedua kartu grafis video untuk menggunakan semua 16 jalur di masing-masing kedua PCI-Express x16 slot.

Kekurangan Dari SLI
* Kartu grafis tunggal high-end sering melakukan lebih baik dari dua kartu grafis biasa-biasa saja. Oleh karena itu, SLI tidak selalu berarti pilihan yang lebih baik.
* Kedua kartu yang digunakan harus dari model GPU yang sama, bahkan jika kecepatan standar jam, BIOS revisi, dan ukuran memori mungkin berbeda. Perhatikan bahwa kartu yang lebih tinggi akan dijalankan pada spesifikasi dari kartu yang lebih rendah.
* Dalam beberapa kasus dengan modus AFR SLI, sinkronisasi vertikal dan triple buffering mungkin tidak bekerja.
* Walaupun hacks dapat digunakan sehingga SLI akan bekerja dengan motherboard lain, hanya secara resmi SLI motherboard yang kompatibel adalah mereka dengan nForce4,, nForce 500 nForce 600, atau chipset nForce 700 SLI. Hal ini dirancang agar SLI tidak akan berfungsi terbaik bila digunakan dalam motherboard tanpa chipset yang disebutkan.
* Seperti sama dengan Nvidia SLI dan ATI CrossFire, teknologi multi-GPU tidak selalu menghasilkan hasil yang lebih baik. Pada saat ini, framerates juga dapat turun, seperti yang dialami dari hasil tes menunjukkan bahwa kinerja melakukan drop ketika sebuah program dijalankan pada resolusi rendah.
* Dengan konfigurasi SLI, hanya satu output video digital mungkin. Ini berarti bahwa Dualview (untuk Microsoft Windows) dan TwinView (untuk Linux) adalah tidak mungkin. Meskipun demikian, beberapa monitor masih dapat digunakan bila digunakan dengan perangkat pihak ketiga.

1 komentar:

  1. Setelah bermain, Anda perlu memastikan untuk mengetahui semua yang mungkin Anda lakukan dan juga tahu benar apa yang akan menjadi tangan yang paling berguna serta tangan yang paling sulit ketika bermain hold’em
    asikqq
    dewaqq
    sumoqq
    interqq
    hobiqq
    rajawaliqq
    http://192.254.236.33/dewaqq78/

    BalasHapus